PERS Week Diluncurkan Tingkatkan Kesadaran Isu Pertambangan Emas Skala Kecil di Sulut PERS Week Diluncurkan Tingkatkan Kesadaran Isu Pertambangan Emas Skala Kecil di Sulut - Media Independen
×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PERS Week Diluncurkan Tingkatkan Kesadaran Isu Pertambangan Emas Skala Kecil di Sulut

19 March 2018 | 23:10 WIB Last Updated 2020-01-27T16:06:11Z

indimanado.com, SULUT - PERS (Program Emas Rakyat Sejahtera) merupakan program peningkatan pembangunan sector Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mata pencaharian, lingkungan, dan kesehatan bagi komunitas PESK di wilayah program di Indonesia.

Program ini didanai oleh Global Affairs Canada (GAC) bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dan diimplementasikan oleh Artisanal Gold Council (AGC). PERS Week berlangsung dari 19-24 Maret 2-18 di Manado dan Tobongon, Sulawesi Utara yang merupakan salah satu site program PERS di Indonesia.

PERS Week bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu PESK sebagai perangkat pembangunan di daerah, dan bagaimana pemerintah local Sulawesi Utara dan pemerintah nasional bertindak untuk menyelesaikan permasalahan di sektor ini.

Terdapat tiga kegiatan dalam minggu ini, yang pertama adalah National Action Plan on ASGM (NAP) Baseline Training Workshops yang dilaksanakan dari 19-22 Maret 2018 di Manado dan Tobongon. Acara kedua adalah Kunjungan Dubes Kanada H.E Peter MacArthur pada tanggal 21 Maret 2018 di Tatelu. Pada 24 Maret 2018, akan diselenggarakan aktivitas dengan komunitas yang akan diselenggarakan di Tobongon bekerjasama dengan mitra local PERS yaitu AMAN (Aliansi Masyarakat Adat) Sulawesi Utara.

Untuk memulai PERS Week, NAP training secara resmi dibuka oleh Ibu Ir. Yun Insiani, M.Sc, (Director of Hazardous Management) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. "Program PERS ini sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia dalam mendukung keberlangsungan sector PESK. Bahkan, salah satu prioritas PERS dalam mengedukasi komunitas PESK untuk berhenti menggunakan merkuri juga sesuai dengan program nasional dalam penghapusan merkuri," ujar Ibu Yun.

Training ASGM Baseline ini dipandu oleh tim ahli dari AGC Jennifer O’ Neill.

Tujuan dari workshop ini adalah untuk membantu badan pemerintah dalam menyiapkan NAP sebagai bagian dari kewajiban Indonesia dibawah Minamata Convention. Workshop ini dihadiri oleh 20 peserta dari KLHK dan universitas di Indonesia.

Training ini sejalan dengan ASGM toolkit: : “Estimating Mercury use and Documenting Practices in Artisanal and Small-scale Gold Mining (ASGM): Methods and Techniques”, yang merupakan buku panduan dan alat analisis AGC/ United Nations Environmental Progream yang dirancang untuk membantu baseline merkuri ASGM dibawah NAP.

“PERS dengan bangga membantu pemerintah Indonesia dalam mengambil langkah penting,” ujar Richard Gutierrez, AGC Project Manager Indonesia.

“Bantuan dari Global Affairs Canada membantu kami untuk dapat membawa para ahli dari Kanada agar dapat membantu pemerintah Indonesia memenuhi kewajiban dalam Konvensi Minamata dan mendukung upaya lainnya dalam pemberdayaan gender, lingkungan, dan kesehatan di sector PESK,” tambanya.

(Tim)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close