Bawaslu Bitung Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panwascam Pilkada Serentak 2024 Bawaslu Bitung Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panwascam Pilkada Serentak 2024 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bawaslu Bitung Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panwascam Pilkada Serentak 2024

25 May 2024 | 22:11 WIB Last Updated 2024-06-04T14:13:47Z

Bitung, Indimanado.com - Bawaslu Kota Bitung melantik 24 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum tingkat Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas mengawasi tahapan Pilkada 2024 di Kota Bitung.

Pengambilan sumpah/janji serta penandatanganan pakta integritas menjadi rangkaian sakral dalam prosesi pelantikan yang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Bitung Deiby Londok beserta anggota Bawaslu Kota Bitung Iten Konjongian serta Ahmad Syakur di Efogen Cafe & Resto, Kelurahan Paceda, Kecamatan Madidir, Jumat (24/5/2024).

Integritas, menjadi poin penting yang Ketua Bawaslu Bitung Deiby Londok sampaikan dalam bagian dari sambutannya saat pengukuhan itu.

Deiby Londok menegaskan bahwa seorang Panwascam harus memegang teguh Integritas dalam menjalankan fungsi pengawasan.

"Jaga integritas jangan cuma hanya diucapkan dan ditulis. Tapi juga diaplikasikan dalam perbuatan," tandasnya.

Selain itu, mengingat proses tahapan seleksi yang ketat untuk menjadi seorang Panwascam, Deiby berharap bahwa seluruh personel Panwascam harus mempunyai kemampuan dan keahlian di atas rata-rata serta pentingnya menjalankan tugas, kewajiban dan wewenang dengan profesional dan bertanggung jawab.

“Harus memahami sedikitnya tiga pokok Undang-undang. Baik itu tentang Pilkada, tentang Pemerintahan Daerah soal netralitas ASN, dan Undang-undang yang dikeluarkan oleh KPU ataupun Bawaslu. Semua aturan harus dikuasainya. Jadi tidak hanya cukup memahami Perbawaslu saja, dan sebagainya,” tegasnya.

Pelantikan Panwascam se-Kota Bitung ini turut dihadiri Unsur Forkopimda Kota Bitung, para Camat dan jajaran Sekretariat Bawaslu Kota Bitung.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close