KPU Bitung Simulasikan Pemutakhiran Data Pemilih dan E Coklit Kepada PPK dan PPS KPU Bitung Simulasikan Pemutakhiran Data Pemilih dan E Coklit Kepada PPK dan PPS - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPU Bitung Simulasikan Pemutakhiran Data Pemilih dan E Coklit Kepada PPK dan PPS

18 June 2024 | 20:54 WIB Last Updated 2024-06-18T12:54:02Z

Bitung, Indimanado.com - KPU Kota Bitung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) berupa simulasi pemutakhiran data pemilih dan penggunaan aplikasi E-Coklit bagi para badan adhoc tingkat Kecamatan, PPK dan PPS di tingkat Kelurahan untuk tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Kota Bitung, yang diselenggarakan di Ratulangi Ballroom, The Sentra Hotel Manado, Selasa (18/6/2024).

Ketua KPU Bitung Deslie D Sumampouw membuka secara resmi Bimtek ini bersama anggota KPU Kota Bitung, Frangky Takasihaeng, Wiwinda Hamisi, Muhajir La Djanudin dan Yunnoy S Rawung dan Sekretaris KPU Kota Bitung, Poula Tuturoong.

"Bimtek ini untuk pemutakhiran data pemilih dan penggunaan aplikasi E-Coklit, yang menjadi bagian dari kegiatan internal yang wajib dilaksanakan KPU Kota Bitung, sebagai persiapan saat hari pemutakhiran, sehingga pada hari coklit nantinya, teman-teman penyelenggara sudah siap," ucap Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw.


"Kegiatan ini sasarannya kepada teman-teman PPK dan PPS, supaya mereka juga mengetahui bagaimana cara menggunakan E-Coklit, bagaimana pelaksanaannya dilapangan," imbuhnya.

"Nanti besok, satu hari kita akan melaksanakan simulasi, yang nantinya setelah dari sini, teman-teman PPK dan PPS akan melaksanakan Bimtek juga kepada teman-teman Pantarlih," jelas Sumampouw.

Selain Bimtek, KPU Kota Bitung juga memberi penguatan dengan menghadirkan para narasumber yang kredibel.

"Materi teknis dari internal, juga kami mengundang ada beberapa narasumber untuk memperkuat teman-teman PPK dan PPS dalam menghadapi semua tahapan program dan jadwal yang sudah disusun oleh KPU. Supaya mereka tahan godaan, tidak takut lagi terhadap ancaman, intimidasi. Kami menghadirkan pihak Kepolisian, pihak kejaksaan, dan juga dari BIN Daerah, agar supaya ada penguatan dari ketiga lembaga tersebut," ujar Sumampouw.

Pada Bimtek tersebut, Maskot Si Cakra (Cakalang Demokrasi) telah terpampang di dua sisi panggung dan jingle, "Bitung berdaulat, Bitung kuat" juga menjadi bagian dari lagu pembukaan yang diperdengarkan.

Usai pembukaan, acara Bimtek tersebut dilanjutkan dengan pemberian materi penguatan kelembagaan bagi para PPK dan PPS, dengan menghadirkan pihak Kepolisian dari Polres Bitung, Kejari Bitung, BIN Daerah, Imigrasi dan Kesbangpol Kota Bitung.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close