Wagub Steven Kandouw Tekankan Pentingnya Peningkatan SDM dan Pertanian di Desa Wagub Steven Kandouw Tekankan Pentingnya Peningkatan SDM dan Pertanian di Desa - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wagub Steven Kandouw Tekankan Pentingnya Peningkatan SDM dan Pertanian di Desa

12 June 2024 | 13:35 WIB Last Updated 2024-07-02T03:45:20Z
Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven OE Kandouw saat memberikan arahan dalam kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur/Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa se-Sulawesi Utara di Hotel Peninsula Manado, Selasa (11/6/2024).

Manado, Indimanado.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw, memberikan arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur/Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa se-Sulawesi Utara yang berlangsung di Hotel Peninsula Manado, Selasa (11/6/2024).

Dalam arahannya, Steven Kandouw menekankan dua hal penting terkait pengelolaan Dana Desa.


Pertama, ia menyoroti peningkatan sumber daya manusia (SDM). Kandouw menegaskan pentingnya meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM di Sulut, mengingat potensi penduduk Sulut tidak sampai 1 persen dari total penduduk Indonesia.

"Peningkatan kapasitas dan sumber daya perlu ditingkatkan guna bersaing di era sekarang ini. Ini sejalan dengan visi misi Pak Gubernur yaitu peningkatan sumber daya manusia," ucapnya.


Ia juga mendorong pemerintah desa untuk mengidentifikasi dan memberikan subsidi pendidikan kepada anak-anak, minimal hingga lulus SMA.

"Torang harus punya target satu desa tidak ada lagi yang tidak lulus SMA. Ini cara ampuh untuk meningkatkan taraf hidup anak-anak kita," lanjutnya.

Kedua, Kandouw menekankan pentingnya pengelolaan Dana Desa untuk meningkatkan sektor pertanian. Ia menjelaskan bahwa sektor ini mampu bertahan di berbagai situasi, termasuk saat pandemi Covid-19, ketika banyak usaha di berbagai bidang mengalami penurunan.


"Untuk dana desa ini, upayakan untuk pertanian," ujarnya.

Kandouw juga mengingatkan para kepala desa dan pejabat terkait untuk mengelola keuangan desa dengan integritas, guna memastikan dana tersebut digunakan sesuai dengan peraturan dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

Acara Bimtek ini dihadiri oleh ratusan aparatur desa dari seluruh Sulawesi Utara, dengan tujuan meningkatkan kapasitas mereka dalam mengelola keuangan desa secara efektif dan transparan. (Advetorial/Ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close