Hari Pertama Coklit Diawasi Ketat Bawaslu Mitra Hari Pertama Coklit Diawasi Ketat Bawaslu Mitra - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hari Pertama Coklit Diawasi Ketat Bawaslu Mitra

26 June 2024 | 16:06 WIB Last Updated 2024-06-26T08:06:47Z
Coklit hari pertama. (Foto istimewa)
Coklit hari pertama. (Foto istimewa)

MITRA, Indimanado.com - Hari pertama pelaksanaan coklit untuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diawasi ketat Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Mitra. 

Ketua Bawaslu Mitra Joby Longkutoy bersama Ketua Divisi Hukum Pencegahan dan Humas Bawaslu Mitra Mario Lontaan turun langsung untuk melakukan pengawasan bersama dengan Pantarlih di Kecamatan Ratahan, Senin (24/06/2024).

Longkutoy mengatakan bahwa kegiatan pengawasan ini merupakan bagian integral dari tugas Panwaslu untuk memastikan bahwa setiap tahapan dalam proses Pemutakhiran Data Pemilih dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Kata dia, keakuratan data pemilih sangat krusial untuk memastikan bahwa proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mitra tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan transparan.

"Dengan melakukan pengawasan langsung di lapangan, kami dapat memastikan bahwa Pantarlih menjalankan tugasnya dengan baik dan memverifikasi data pemilih dengan akurat sesuai dengan kondisi yang ada di masyarakat," ujar Longkutoy di sela-sela pelaksanaan Coklit di kediaman Penjabat Bupati Mitra Ronald Sorongan.

Komisioner Bawaslu Mitra Mario Lontaan menambahkan bahwa selain memastikan keakuratan data, pengawasan juga dilakukan untuk memastikan bahwa setiap perubahan data pemilih yang terjadi dapat segera dilakukan pembenahan.

"Hal ini penting untuk menghindari potensi kesalahan atau kekurangan informasi yang dapat mempengaruhi proses selanjutnya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Sulawesi Utara serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Mitra," jelasnya.

Ia pun memastikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melakukan pengawasan yang ketat dan mendukung kerja Pantarlih, memastikan bahwa proses coklit berjalan dengan lancar. Setelah proses coklit selesai, data yang terkumpul akan diverifikasi dan disempurnakan sebelum digunakan dalam Pilkada Tahun 2024 ini.

"Kami berharap melalui pengawasan yang ketat ini, proses pemilihan dapat berjalan dengan transparan, adil, dan bebas dari potensi pelanggaran atau ketidakberesan lainnya. Semua pihak terlibat diharapkan dapat bekerja sama untuk mendukung terwujudnya pemilihan yang bersih dan demokratis bagi masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara," tandasnya. 

Turut hadir dalam Pokok Pengawasan dari Panwas Kelurahan dan Desa, beserta melakukan monitoring dibantu oleh Panwascam Ratahan dan Bawaslu Mitra.
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close