Rektor Unsrat Prof Berty Sompie Tekankan Etika dan Tanggung Jawab kepada Pejabat yang Baru Dilantik Rektor Unsrat Prof Berty Sompie Tekankan Etika dan Tanggung Jawab kepada Pejabat yang Baru Dilantik - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Rektor Unsrat Prof Berty Sompie Tekankan Etika dan Tanggung Jawab kepada Pejabat yang Baru Dilantik

28 June 2024 | 11:04 WIB Last Updated 2024-07-01T03:18:38Z

Manado, Indimanado.com – Rektor Universitas Sam Ratulangi, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng., IPU., ASEAN. Eng, mengingatkan para pejabat baru untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi etika jabatan. Hal ini disampaikan dalam upacara pelantikan Wakil Rektor, Sekretaris Jurusan, Kepala UPT, dan Koordinator Pusat di lingkungan Universitas Sam Ratulangi pada Kamis, 27 Juni 2024.


Prof. Sompie menekankan bahwa jabatan yang diemban oleh para pejabat baru adalah tugas tambahan yang harus dijalankan dengan integritas tinggi. "Jabatan yang dipercayakan kepada saudara-saudara itu merupakan tugas tambahan yang akan dievaluasi berdasarkan kinerja, pakta integritas, loyalitas, dan kerja di unit kerja masing-masing," ujarnya.


Selain itu, Rektor juga mengingatkan bahwa Kepala Biro adalah jabatan pimpinan tinggi pratama pada instansi pemerintah yang harus dilaksanakan secara profesional dan bertanggung jawab. "Ingat selalu pakta integritas sebagai pejabat di Universitas Sam Ratulangi," tambahnya.


Rektor juga menyampaikan pentingnya para pejabat senat yang baru dilantik untuk memahami Permenristekdikti No. 44 Tahun 2018, yang menjelaskan bahwa senat adalah organ yang menjalankan fungsi penetapan dan pertimbangan dalam kebijakan akademik.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Sompie juga menekankan pentingnya perhatian terhadap Permendikbudristek No. 30 Tahun 2021 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi. "Sanksi berat akan diberikan jika terjadi pelanggaran terhadap peraturan ini, termasuk pemberhentian dalam jabatan," tegasnya.


Rektor mengapresiasi kinerja tim inspektorat dan menyatakan kesiapan untuk menerima koreksi dan kritik demi kemajuan universitas. "Kami akan menerima setiap koreksi, kritikan, dan melaksanakan tugas sesuai arahan dari tim inspektorat," ujarnya.

Jabatan yang diisi dalam pelantikan ini antara lain:

• Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

• Kepala Biro Umum dan Keuangan

• Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi

• Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Terpadu

• Koordinator Pusat Energi Terbarukan pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

• Anggota Senat Universitas

• Anggota Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

• Ketua Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis

• Anggota Senat Fakultas Kedokteran

• Anggota Senat Fakultas Ilmu Budaya

• Anggota Senat Fakultas Kesehatan Masyarakat.


Pelantikan ini juga dihadiri oleh Tim Inspektorat Kementerian yang dipimpin Chandra Irawan, para rohaniwan Pendeta Jemmy Matheos, Pastor Nicholas John, Ustad Ngadimin Iskandar S.Sos., M.Si., Ketua Senat Prof. Bernard Kairupan, Sekretaris Senat dan para Wakil Rektor, para dekan, Direktur Pascasarjana Prof. Markus Lasut, serta pimpinan unit kerja lainnya.

"Terima kasih kepada para pejabat yang lama atas kerja kerasnya, dan selamat bertugas kepada pejabat yang baru dilantik. Kiranya Tuhan memberkati kita semua," tutup Rektor. (Ajl/Liputan Khusus)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close