Jalan Kaki Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan Jalan Kaki Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jalan Kaki Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan

3 August 2024 | 17:00 WIB Last Updated 2024-08-03T09:02:40Z
Foto Andre Mawey untuk Indi Manado

Manado, Indimanado.com - Jalan kaki secara rutin ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh tanpa membutuhkan peralatan khusus ataupun biaya yang besar.

Meski tampak sepele, ternyata aktivitas fisik sederhana yang dapat dilakukan oleh hampir semua orang ini, bila dilakukan secara rutin disertai dengan gaya hidup yang sehat dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan fisik, mental, serta kualitas hidup secara keseluruhan.

Berikut adalah beragam jenis manfaat Jalan Kaki bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Menjaga kesehatan jantung.
Jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung yang dapat memperlancar sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh sehingga membuat jantung menjadi lebih kuat dan dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
Selain kesehatan jantung, jalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menjaga kestabilan tekanan darah.

Mencegah diabetes tipe 2.
Dipicunya kerja otot saat berjalan kaki, mampu meningkatkan penyerapan glukosa didalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 50%.

Menurunkan berat badan.
Berdasarkan penelitian, dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, bisa membakar setidaknya 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki seseorang, semakin banyak pula kalori yang terbakar. Setidaknya, Olahraga ringan ini dapat membantu mengontrol berat badan, sehingga menjadikan tubuh lebih sehat.

Memperkuat daya tahan tubuh
Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30-45 menit setiap harinya, akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga. Jalan kaki secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat meredam berbagai bibit penyakit infeksi didalam tubuh.

Mengurangi Stres
Ketika seseorang berjalan kaki secara rutin,
tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu, jalan kaki juga bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak yang dapat mengurangi dan mencegah stres.

Mencegah osteoporosis
Osteoporosis disebabkan oleh penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Untuk mencegah osteoporosis, Anda dapat mencoba berjalan kaki secara rutin setiap hari. Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tulang ini juga bisa Anda kombinasikan dengan aktivitas lain, seperti hiking dan joging.

Selain itu, masih ada beragam manfaat jalan kaki lainnya, seperti meredakan nyeri sendi, meningkatkan energi, serta menguatkan otot.
Namun, berjalan kaki saja tidaklah cukup. Tapi perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat yang disesuaikan dengan kondisi medis seseorang.

Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui durasi jalan kaki yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, khususnya bila memiliki riwayat penyakit jantung.

Mengingat banyaknya manfaat "Jalan Kaki" bagi kesehatan, jangan malas untuk berjalan kaki agar kesehatan tubuh dapat tetap terjaga.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close