Wagub Steven Kandouw Beri Motivasi dan Ingatkan Tugas Penting Kepala Desa Wagub Steven Kandouw Beri Motivasi dan Ingatkan Tugas Penting Kepala Desa - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wagub Steven Kandouw Beri Motivasi dan Ingatkan Tugas Penting Kepala Desa

1 August 2024 | 14:07 WIB Last Updated 2024-08-01T06:07:27Z
Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven OE Kandouw saat memberikan arahan dan motivasi kepada ratusan perangkat desa yang hadir dalam bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan keuangan desa Provinsi Sulawesi Utara tahun 2024.

Manado, Indimanado.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven OE Kandouw, memberikan arahan dan motivasi kepada ratusan perangkat desa yang hadir dalam bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan keuangan desa Provinsi Sulawesi Utara tahun 2024. Acara yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulut ini berlangsung di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Kamis (1/8/2024).

Kandouw menekankan pentingnya bimbingan teknis bagi aparatur desa di tengah dinamika masyarakat yang selalu berkembang dan berubah. "Maka dari itu, seluruh pemimpin di tingkat desa harus diberi pencerahan, pengetahuan, dan ilmu yang baru," ujarnya.


Wagub memberikan pemahaman bahwa seorang pemimpin harus menjadi teladan, termasuk Kepala Desa. Kandouw menegaskan bahwa pemimpin desa adalah tulang punggung Republik Indonesia. "Anda semua adalah pemimpin di tingkat desa," katanya.

Ia mengingatkan bahwa Kepala Desa, baik Hukum Tua maupun Sangadi, dihormati dan memiliki tanggung jawab besar. Selain mengelola dana desa, mereka juga harus memotivasi warganya untuk giat bekerja dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan.

"Ada juga tugas penting lainnya, yaitu tanggung jawab besar dalam literasi pendidikan anak-anak kita," tegasnya. Kandouw juga mengungkapkan bahwa Sulawesi Utara memiliki kurang dari 1 persen dari total masyarakat Indonesia dan menekankan pentingnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bersaing.


Selain itu, ia mengingatkan pentingnya menjaga aset desa, terutama dalam kepemilikan tanah dan pemanfaatannya sebagai lahan pertanian atau perkebunan. Kandouw juga menekankan bahwa perangkat desa harus fokus pada pencegahan stunting.

“Bagaimana caranya kita bisa bersaing selain meningkatkan SDM,” tambahnya. (Ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close