Penerbangan Rute Manado-Kinabalu Malaysia Resmi Beroperasi, Pemprov Sulut Sambut Penerbangan Perdana Penerbangan Rute Manado-Kinabalu Malaysia Resmi Beroperasi, Pemprov Sulut Sambut Penerbangan Perdana - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Penerbangan Rute Manado-Kinabalu Malaysia Resmi Beroperasi, Pemprov Sulut Sambut Penerbangan Perdana

2 September 2024 | 00:23 WIB Last Updated 2024-09-01T17:05:47Z
Penerbangan Airasia Kota Manado-Kinabalu direncanakan akan melayani sebanyak tiga kali penerbangan dalam seminggu yakni di hari Senin, Jumat dan Minggu. Istimewa

Manado, Indimanado.com – Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado resmi melayani penerbangan rute Manado-Kinabalu, Malaysia, yang dioperasikan oleh maskapai AirAsia. Penerbangan perdana ini tiba pada Minggu (1/4/2024) dengan nomor penerbangan AK1797, mendarat di Manado pada sekitar pukul 11.00 WITA, setelah berangkat dari Bandara Internasional Kota Kinabalu pada pukul 08.50 waktu setempat.

Kedatangan pesawat Airbus A320 ini disambut secara meriah dengan water salute, sebuah tradisi khusus yang dilakukan untuk penerbangan perdana di Bandara Sam Ratulangi. Dalam penerbangan perdana ini, AirAsia membawa 100 penumpang dari Kinabalu dan mengangkut 121 penumpang dari Manado pada pukul 12.05 WITA menuju Kinabalu dengan nomor penerbangan AK1798.

Seremonial penyambutan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk PGS General Manager PT Angkasa Pura I Rizal Aries Laksono, GM AirNav, Komandan Lanud, Kepala Otoritas Bandara, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Steve Kepel, serta beberapa Forkopimda lainnya. Dalam sambutannya, Rizal Aries Laksono menyatakan bahwa pascapandemi, trafik penerbangan internasional di Bandara Sam Ratulangi menunjukkan peningkatan yang signifikan, dan berharap pembukaan kembali rute internasional ini akan memperkuat konektivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta pariwisata di Sulawesi Utara.


Managing Director AirAsia Malaysia, Dato Captain Fareh Mazputra, turut menyampaikan bahwa penambahan rute ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kedua kota, Manado dan Kinabalu, serta memperkuat jaringan internasional AirAsia.

Sekda Provinsi Sulut, Steve Kepel, yang mewakili Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, mengungkapkan harapannya bahwa konektivitas baru ini akan meningkatkan arus wisatawan dan investor ke Sulawesi Utara serta mempererat hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

“Kami sangat menyambut baik adanya konektivitas baru ini yang akan meningkatkan arus wisatawan dan investor ke daerah kami dan semoga penerbangan ini dapat mempererat hubungan antara Sulawesi Utara dan Malaysia serta bisa terhubung juga ke negara negara lainnya ungkap,” kata Sekprov Sulut, Steve Kepel dalam sambutannya mewakili Gubernur Olly Dondokambey.

Julinus Jeffery Jimit, CEO Sabah Tourism Board (STB), menambahkan bahwa terdapat permintaan perjalanan yang signifikan ke Sabah pascapandemi, baik domestik maupun internasional, dan rute ini dipercaya akan meningkatkan konektivitas penerbangan ke Sabah Malaysia. AirAsia direncanakan akan terbang tiga kali seminggu dari Manado ke Kinabalu, yakni setiap hari Senin, Jumat, dan Minggu. (*/Ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close