KPU Bitung Gelar Debat Perdana Paslon Peserta Pilkada Bitung tahun 2024 KPU Bitung Gelar Debat Perdana Paslon Peserta Pilkada Bitung tahun 2024 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPU Bitung Gelar Debat Perdana Paslon Peserta Pilkada Bitung tahun 2024

7 October 2024 | 16:39 WIB Last Updated 2024-10-07T08:39:50Z

Bitung, Indimanado.com - KPU Kota Bitung memfasilitasi debat publik perdana antara 2 Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Bitung nomor urut 1, Geraldi Mantiri-Erwin Wurangian (GM Win) dan paslon nomor urut 2, Hengky Honandar-Randito Maringka yang di gelar di Ballroom Grand Kawanua Internasional Hotel, Kota Manado, Minggu malam (6/10/2024).

Ketua KPU Bitung, Deslie D Sumampouw menyampaikan dalam sambutannya bahwa difasilitasinya debat publik ini oleh KPU merupakan bagian dari kampanye pemilihan sesuai dengan peraturan KPU nomor 13 tahun 2024.

Sumampouw juga menginformasikan bahwa debat ini akan dilaksanakan sebanyak 3 kali, "Pertama pada tanggal 6 Oktober hari ini , kedua pada tanggal 22 Oktober, debat antara calon Walikota dan ketiga pada tanggal 8 November 2024,debat antara pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota," info Sumampouw.

Debat perdana ini dikhususkan untuk mempertemukan 2 calon Wakil Walikota nomor urut 1, Erwin Wurangian dan calon Wakil Walikota nomor urut 2, Randito Maringka dalam beradu gagasan tentang UMKM, Ketenagakerjaan, jaminan sosial serta pemberdayaan perempuan dan anak.

"Harapan kami, kiranya debat publik atau debat terbuka ini dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib dan sukses serta akan bermanfaat bagi kita semua masyarakat Kota Bitung, terutama dalam menyambut pesta demokrasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota  tahun 2024," ucap Sumampouw.

Memulai debat tersebut, Sumampouw melayangkan pesan damai-nya kepada semua warga pemilih Pilkada Kota Bitung dalam bentuk pantun, "Ikan lohan dibungkus kasa, dimasak mama sedap terasa. Beda pilihan itu biasa, yang utama persaruan bangsa," lugas Sumampouw yang disambut pecah riuh tepuk tangan hadirin.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan amplop di informasikan berisi 8 soal oleh Tim Panelis yang di Wakili oleh Prof. Dr. Rosdalina Bukido kepada Ketua KPU Deslie D Sumampouw.

Adapun Tim Panelis terdiri dari Guru Besar Kepaniteraan dan Juru Sita IAIN Manado Prof. Dr. Rosdalina Bukido, Anas Nurdin SS M.Hum dari Balai Bahasa Sulut, Dosen Administrasi Publik Unima juga peneliti perempuan dan pemilukada Dr Fitri Herawati Mamonto, Dosen Unima dra. Anneke Cyta Mandagie MA, Sekretaris Umum PW Muhammadiyah Sulut Ramly Makatungkang HMI, Dosen Universitas Sam Ratulangi Manado Santi Turangan SPt MSi dan Dosen IAIN Manado Dr Rivai Bolotio.

Tarung debat yang dipandu oleh Moderator dr. Truly Kerap MARS ini diawali dengan perkenalan 2 paslon peserta pilkada dan pembacaan tata tertib yang wajib dipatuhi peserta dan para hadirin terutama para pendukung kedua paslon yang hadir di Studio.

Segmen pertama dari debat ini, selama 4 menit para paslon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi-misi serta program unggulan.

Selanjutnya, debat antar calon Wakil Walikota pun dimulai dengan dipilihnya topik debat oleh masing-masing calon dari amplop panelis yang telah di acak sebelumnya.

Debat ini turut dihadiri oleh Komisioner Anggota KPU Kota Bitung Frangky Takasihaeng, Wiwinda Hamisi, dan Yunnoy S Rawung bersama Sekretaris KPU Kota Bitung, Poula Tuturoong dan diawasi langsung oleh Bawaslu Kota Bitung.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan tayangan debat perdana Paslon Walikota dan Wakil Walikota Bitung ini, KPU Kota Bitung
menyiarkan secara langsung dan tunda debat ini, yang bisa di akses melalui link https://www.facebook.com/share/v/qKkvkXoMEay84K6D/.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close